IBX582121403067A

Trik Kaya Raya Dengan Penghematan Anggaran Rumah Tangga

Rumah bukan hanya diisi oleh anggota keluarga dan juga barang-barang, namun juga ada organisasi didalamnya. Sebagai kepala keluarga, suami mesti mencari uang agar semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Sedangkan istri, mesti mengatur uang tersebut agar tidak cepat habis dan tentunya lebih bermanfaat. Ada banyak sekali keluarga yang mesti mengalami surutnya kondisi finansial karena tak mampu menghemat anggaran rumah tangga. Padahal apabila anggaran rumah tangga sudah kacau, maka hal tersebut pasti berimbas pada hubungan antar anggota keluarga. Agar kamu terhindar dari karamnya kondisi finansial keluarga, sebaiknya cek beberapa trik kaya raya dengan penghematan anggaran rumah tangga berikut ini.

  • Tetapkan Anggaran Pengeluaran Harian, Mingguan, dan Bulanan

Anggaran rumah tangga bukanlah sesuatu yang absurd, melainkan mesti bisa dikalkulasikan. Oleh karena itu sebaiknya kamu buat anggaran pengeluaran harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Tentunya, kamu mesti menetapkan skala prioritas terlebih dahulu dalam anggaran rumah tangga ini. Beberapa skala prioritas yang mesti kamu estimasikan budget-nya yaitu biaya sekolah anak, biaya makan, biaya listrik dan air, biaya liburan, biaya transportasi, biaya kesehatan, dan biaya tak terduga. Pastikan nominalnya bisa kamu estimasikan dengan baik, jangan sampai terlalu berlebihan atau terlalu sedikit. Setelah kamu membuat anggaran harian/mingguan/bulanan tersebut, pastikan kamu tetap keep dengan anggaran yang telah kamu buat tersebut.

  • Belanja di Pasar Tradisional

Salah satu cara paling rasional untuk menghemat anggaran bulanan yaitu dengan belanja di pasar tradisional. Jangan terpengaruh dengan perspektif banyak orang mengenai pasar tradisional. Justru jika kamu shopping di pasar tradisional, kamu bisa memetik banyak sekali manfaat. Selain harganya yang murah meriah, berbagai bahan pangan yang ada di pasar tradisional jauh lebih fresh daripada yang dijajakan di supermarket. Tak hanya itu, jika kamu mengajak anakmu ke pasar tradisional, maka kamu telah mengajarkan nilai-nilai kesederhanaan dan sosial yang tak bisa anakmu dapatkan di tempat lain.

  • Belanja Online dengan Bijak

Hari ini, kita bisa dengan mudah menemukan kebutuhan rumah tangga lewat akses dunia online. Banyak sekali poin plus dari belanja online seperti mudahnya menemukan item yang diinginkan, tak perlu keluar rumah, dan juga bisa mendapatkan promo.  Salah satu yang bisa kamu manfaatkan yaitu promo Lazada, dimana kamu bisa menemukan berbagai item kebutuhan rumah tangga dengan harga yang sangat budget-friendly. Dapatkan promo Lazada ini lewat beberapa situs yang berafiliasi dengan Lazada. Tak hanya itu, kamu ‘pun mesti update terus mengenai berbagai kabar yang diberikan Lazada. Jadi selain menjadi member Lazada, kamu ‘pun mesti follow semua sosial media Lazada.

  • Matikan Akses Listrik Jika Tak Diperlukan

Bagi kamu yang rumahnya tidak terkena subsidi listrik dari pemerintah, maka wajib mematikan akses listrik jika tak diperlukan. Pada siang hari, pastikan kamu mematikan semua lampu dan gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari. Menggunakan beberapa item seperti televisi, komputer, microwave, dan lainnya memang bukanlah masalah asal tidak terlalu berlebihan. Pastikan kamu mematikan item-item tersebut jika tidak diperlukan. Beberapa perangkat elektronik seperti AC dan kulkas menghabiskan energi listrik dalam jumlah banyak sehingga kamu mesti lebih aware mengenai penggunaan item-item tersebut.

  • Hati-hati dengan Akses Wi-Fi

Jika kamu memasang perangkat Wi-Fi di rumah, maka pastikan kamu sudah menentukan budget bulanannya. Sebaiknya kamu gunakan akses Wi-Fi dengan unlimited bandwidth sehingga kamu tak perlu khawatir dengan penggunaan internet. Selain itu pastikan kamu membatasi akses internet bagi anak-anak karena anak-anak lebih butuh bimbinganmu daripada berbagai sumber yang ada di internet.

  • Buatlah Masakan di Rumah

Untuk menghemat budget bulanan, sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan belanja makanan di luar rumah.  Jika kamu tak punya pembantu, sebaiknya kamu belajar caranya memasak agar kamu bisa menghemat anggaran bulanan lebih baik lagi.

Anggaran rumah tangga layaknya ‘kitab’ yang mesti kamu jadikan acuan agar kamu terhindar dari surutnya kondisi finansial. Pastikan kamu menerapkan beberapa poin diatas ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *