IBX582121403067A

Tips Freelancer Indonesia : Cara Menjalin Komunikasi Baik Pada Klien

Freelance Indonesia

Freelancer Indonesia – Berprofesi menjadi freelancer tidak hanya menerima klien dari dalam negri saja, namun juga luar negri. Hal ini bisa menjadi awkward apabila komunikasi yang dijalin tidak terjadi seperti yang diinginkan. Bisa jadi kendalanya ada pada bahasa yang digunakan atau justru cara meng-handle klien. Nah, berikut ini kami berikan tips bagi freelancer Indonesia tentang bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik pada klien, baik klien dari dalam maupun luar negri. Yuk, simak!

Freelance Indonesia

                                                                                                   Freelance Indonesia

Catatan : Situs Freelancer Jasa Services Terbesar dapat dilihat di : Angpao.id

Great Greetings! Klien Adalah Raja

Meski tergolong sebagai pemain baru di dunia freelancing, seorang freelancer harus tetap menunjukkan profesionalitas dalam bekerja. Hal ini bisa diwujudkan pertama kali pada salam sapanya.

Hindari menggunakan sapaan “Om”, “Gan”, “Bro”, “Bray”, “Sist” atau “Kak”. Memang pada umumnya para pebisnis online menggunakan sapaan tersebut, namun tidak semua klien berkenan dipanggil dengan sapaan tersebut, apalagi klien dari luar negri. Ada baiknya untuk selalu menggunakan kata sapaan “pak” atau “bu” atau yang senada dengan itu dalam bahasa asing.

Be Professional

Sebagai freelancer Indonesia, hal yang sering dipuji oleh klien dari luar negri adalah keramah tamahan dan tanggap responsif. Namun bukan berarti mereka bisa dijadikan “teman” yang baik saat berbisnis. Beberapa kasus justru membuktikan bahwa klien sering tidak cocok dengan pengajuan dari freelancer. Nah, hal ini bisa diantisipasi dengan sikap profesional yang ditunjukkan freelancer.

Jelaskan dengan bahasa yang sopan bahwa penawaran yang diajukan sudah fix. Berikan alasan, manfaat dan kelebihan dari penawaran tersebut tanpa indikasi memaksakan klien harus menerima tawaran itu. Ikuti sebagian saran dari klien, atau berikan kelonggaran pada mereka. Namun jika klien pada akhirnya menolak penawaran itu, hormati keputusannya.

Jangan Membantah, Diamkan Saja

Seringkali freelancer Indonesia menerima penawaran ‘sadis’ dari klien, bahkan dengan bahasa yang tidak mengenakkan dan membuat komparasi dengan jasa freelancer Indonesia lainnya. Be Positive! Ini adalah cara mereka mendapatkan harga proyek murah namun dengan pengerjaan sempurna.

Jika klien berkata yang tidak mengenakkan, jangan bantah mereka. Cukup diamkan beberapa waktu. Jika dirasa sudah netral, maka tolaklah pengajuan klien dengan bahasa yang sopan. Hal ini cenderung mudah dilakukan apabila pertemuan antara klien dan freelancer terjadi di dunia maya.

Laporkan Progress Pengerjaan

Tips bagi freelancer Indonesia selanjutnya adalah tetap melakukan komunikasi meski proyek sedang dalam pengerjaan. Contoh proyek dikerjakan dalam 5 hari, maka pada 2 hari pertama laporkan kemajuan pengerjaan proyek tersebut. Sudah sampai mana dan bagaimana review-nya. Klien serta merta akan memberikan tanggapannya. Meksipun jawabannya buruk, tetap tanggapi dengan ramah. Komunikasi ini untuk menghindari revisi berlebihan saat memberikan hasil pengerjaan. Dan juga membangun reputasi freelancer.

Dari 4 tips diatas, bagi klien dari luar negri, freelancer Indonesia setidaknya menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa global. Dengan penguasaan bahasa percakapan, klien bisa mengerti bagaimana cara kerja freelancer Indonesia meski hanya bertemu lewat situs marketplace online.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *