IBX582121403067A

Tidak Ingin Genset Rusak? Rawat Segera Dengan Tips Berikut

 

Siapa yang tidak kesal ketika ingin menggunakan genset, namun tidak bisa menyala? Seperti percuma telah sewa genset papua namun tidak dapat dipakai.

Jika kejadian tersebut pernah menimpa Anda, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah minimnya perawatan genset, lho. Yup, genset yang kurang terawat dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kedepannya tidak bisa digunakan lagi. Tidak mau, kan, hal itu terjadi? Maka rawatlah genset Anda dengan beragam tips berikut.

Memanaskan genset secara berkala

Jika tidak dipanaskan, genset akan sulit distarter. Hal itu disebabkan karena mesin yang tidak dilumasi oli dengan baik. Jadi supaya genset bisa bekerja dengan baik, panaskanlah secara berkala. Idealnya genset dipanaskan setiap hari selama 10 menit saja jika tidak akan digunakan.

Ganti spare part yang sudah tidak layak

Spare part seperti layaknya tubuh manusia, akan lekang oleh waktu sesuai dengan penggunaannya. Jika ada spare part yang sudah aus atau tidak layak, segera ganti dengan yang baru. Spare part yang aus akan memengaruhi komponen lain dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Jangan menyentuh terminal output

Agar Anda terhindar dari bahaya, jangan pernah menyentuh bagian terminal output ketika genset sedang beroperasi. Hal ini dapat membuat Anda tersengat listrik tegangan tinggi. Jika ingin memasang kabel power, putuskan terlebih dahulu MCBnya.

Selalu cek aki genset

Salah satu bagian terpenting pada genset ialah aki. Cek secara berkala dan ganti aki jika sudah kurang bagus. Biasanya umur aki minimal satu tahun. Tapi jika dirawat dengan benar, aki bisa berumur hingga tiga tahun.

Memperhatikan kabel instrumen

Genset memiliki kabel-kabel yang perlu Anda perhatikan. Kabel ini wajib dirawat karena merupakan bagian krusial pada genset. Jika ada kabel yang terkelupas, segera tutup dengan isolasi. Atau jika Anda yang rusak, ganti segera dengan yang baru.

Matikan genset jika ada yang kejanggalan

Jika terdengar ada getaran yang tinggi, suara mesin yang mendadak kasar atau tersendat, segera matikan. Setelah itu periksa apa penyebabnya mulai dari luar, hingga ke dalam komponen.

Apabila anda ingin sewa genset papua anda bisa cek di website sewatama .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *