IBX582121403067A

Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini

cara mencegah gigi berlubang

Gigi merupakan salah satu alat bantu untuk pencernaan baik itu pada hewan ataupun manusia, tanpa gigi maka kita tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna, yang akibatnya akan membuat pencernaan bekerja lebih berat, kita pasti mengetahui bahwa dalam pelajaran biologi saat mengkonsomsi makanan tidak bisa lansung ditelan saja, harus melewati proses kunyah dulu dimana dianjurkan untuk dikunyah sampai halus.

Nah, karena gigi merupakan elemen penting yang akan memebantu proses pencernaan maka kita harus selalu menjaganya tetap sehat dan bersih agat tidak terjadi gigi yang berlubang, bicara gigi berlubang kita pasti berpikir bagaimana sih cara mencegah gigi berlubang nantinya, sebelum kita bicara kesana kita lebih dulu apa saja peneyebab gigi berlubang.

cara mencegah gigi berlubang

cara mencegah gigi berlubang

  1. Penyebab gigi berlubang

Gigi berlubang itu terjadi akibat kita terlalu sering makan makanan yang mengandung gula berlebih tapi lupa untuk kita bersihkansaat selsai makan, dari sisa-sisa gula inilah bakteri mulai berkasi dan menciptakan unsur asam yang akan membuat gigi berlubang, semakin lama lubang gigi makin bertambah bahkan bisa membuat kita terinfeksi, jadi lebih baik segera diperiksa.

  1. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang

Gosok gigi setiap hari

Ini merupakan cara yang paling ampuh dan bisa kita lakukan setiap saat agar bisa terhindar dari lubang gigi, gosoklah gigi kita setiap hari agar kesehatan gigi dapat terjaga, usahan setiap habis makan kalian gosong gig, dan apabila saat makan banyak mengandung gula sebisa mungkin untuk perbanyak minum air putih juga.

Gunakan cairan kumur mulut

Cara mencegah gigi berlubang lainnya kita bisa mengunakan cairan kumur mulut pada setiap habis makan, atau setelah gosok gigi, memang pada saat gosok gig kita memberishkan gig tapi dengan cairan kumur gigi kita lebih maksimal lagi untuk menjaga kesehatan gigi, bahkan tidak hanya sehat mulut kita pun jadi segar, salah satu cairan kumur yang bisa kita gunakan salah satunya Listerine.

Pastikan pilih pasta gigi yang mengandung Flourida

Zat Flourida ini merupakan zat yang bisa membuat email pada gig bertabah kuat, dengan email gigi yang makin kuat dan banyak maka resiko gig kita untuk berlubang akan makin berkurang, saat ini banyak pasta gigi yang memang dibuat khusus, kita cukup pilih saja sesuai kebutuhan.

Mengunakan benang gigi

Mengunakan benang gigi bisa menjadi pilihan lain untuk kita bagaimana cara mencegah gigi berlubang , dengan mengunakan benang gigi kita bisa membersihkan bagian –bagian gig yang tidak terjangkau seperti celah-celah yang sering membuat makan tersangkut, sebab dari makana tersangkut inilah juga penyebab gigi berlubang.

Periksalah gigi secara rutin pada dokter

Untuk lebih baiknya lagi kita bisa memeriksakan kesehatan gigi kita pada ahlinya yaitu dokter gig, dengan cara ini kita bisa melakukan konsoltasi bagaimana merawat gig yang baik dan benar agar tidak muncul lubang pada gigi kita nantinya.

Hindari makanan yang mudah menempel pada gigi

Cobalah dari sekarang untuk mulai menghindari makanana yang mudah menempel pada gigi kita seperti caramel, sebab itu bisa menjadi salah satu penyebab gigi akan berlubang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *