IBX582121403067A

Mengenal Proses Tumbuh Kembang Anak

Mengenal Prosesi Tumbuh Kembang Anak

Mengenal Prosesi Tumbuh Kembang Anak

Memiliki anak dalam sebuah rumah tangga memang akan memberikan perasaan yang beragam, mulai dari senang saat melihat tingkah lucu anak sampai dengan khawatir akan tumbuh kembang anak. Memang tak bisa dipungkiri jika banyak orang tua yang merasa khawatir akan pertumbuhan anak mereka, tak hanya pada perkembangan fisik namun mental juga adalah salah satu faktor yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah pertumbuhan anak. Meski demikian, pemahaman akan tumbuh kembangnya anak memang seharusnya telah ada di dalam masing – masing orang tua karna ini juga yang akan menentukan bagaimana anak tumbuh dan berkembang.

Kita mungkin terbiasa melihat anak yang bisa berjalanan pada usia  kurang dari satu tahun atau mungkin berbicara dengan lebih lancar pada usia satu tahun sementara beberapa anak lainnya ada yang mengalami keterlambatan, ini adalah sebuah contoh yang haruslah bisa disadari sepenuhnya oleh orang tua karna tiap individu yang diciptakan memang tidaklah pernah ada yang sama. Lalu bagaimana batasan perkembangan yang umum dialami anak? Nah dalam kesempatan kali ini saya akan coba sedikit menjelaskan tentang tahap tumbuh kembang anak yang umum dialami oleh tiap anak, ini bisa menjadi sebuah patokan dalam anda mengawasi setiap tahap pertumbuhan pada anak anda.

Prosesi dan Fase tumbuh kembang anak

Usia 0 sampai 3 bulan

Pada saat kelahiran, anak mungkin baru bisa melakukan gerakan kecil seperti menggerakkan tangan dan kaki secara tidak beraturan dan membuka serta menutup mulutnya saat diberikan asi. Namun seiring dengan bertambahnya usia, isi kecil mulai bisa menendang dengan lebih kencang dan terkadang berontak saat akan dimandikan atau dalam posisi tengkurap. Pada masa ini anak akan mulai bisa menggelengkan kepala dan mengangkat kepala saat tengkurap, namun orang tua perlu mengawasi ini karna anak belum bisa bertahan terlalu lama dengan aktivitas tersebut.

Usia 4 sampai 6 bulan

Fase tumbuh kembang anak yang berikut adalah dase dimana anak sudah mulai bisa berganti posisi saat tidur, sesekali mungkin anak akan tidur dengan posisi miring atau sesekali tengkurap. Perlahan anak sudah mulai dapat memutarkan badannya sambil tiduran dan membalikkan badannya dari telentang ke tengkurap atau sebaliknya. Penglihatan anak juga sudah mulai semakin jelas, anak sudah mulai mengenal wajah – wajah yang sering ia temui dan sesekali juga ia sudah bisa menerima sesuatu dengan tangannya. Beberapa benda di dekat tempat tidurnya mungkin akan mulai diraihnya, memainkannya dengan memindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya. pada masa ini anak juga sudah mulai mengenali suara orang – orang yang sering ia dengar.

Usia 7 sampai 9 bulan

Fase tumbuh kembang anak Ini menjadi masa di mana anak mulai aktiv dalam bergerak, biasanya anak sudah dapat duduk dengan sendirinya serta memainkan benda – benda yang ada di dekatnya. Beberapa benda juga terkadang sudah mulai dimasukkan ke dalam mulutnya mulai dari biskuit sampai dengan benda aneh lainnya seperti mainan, peran orang tua sangatlah dibutuhkan untuk tetap mengawasi anak.

Usia 10 sampai 12 bulan

Anak sudah mulai merangkak dengan sangat cepat, terkadang ada juga yang sudah mulai bisa berjalan beberapa langkah sendiri. anak juga sudah mulai pintar melambai dan tepuk tangan, panggilan sayang kepada ayah dan ibu juga sudah mulai terdengar dengan jelas, anak juga sudah mulai menoleh saat dipanggil namanya. Bisa dibilang ini adalah fase tumbuh kembang anak yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *