IBX582121403067A

Kiat Ampuh Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

AC adalah salah satu komponen paling penting bagi mobil pribadi di negara tropis seperti Indonesia. Karena cuaca panas dan lembap pasti membuat kita dan penumpang merasa tak nyaman saat naik mobil. Kualitas AC mobil yang istimewa akan mendukung kenyamanan kita selama berada di mobil.

Oleh sebab itu, kita wajib cermat merawat AC mobil agar tak mudah rusak. Beberapa kiat ampuh ini bisa segera kita praktikkan demi kualitas AC mobil yang terjaga dengan baik:

Memperhatikan Kebocoran Selang AC

Selang atau pipa AC yang bocor harus segera ditangani secara cermat. Agar kebocoran tersebut tidak bertambah parah dan merusak komponen AC lainnya. Freon AC akan berkurang bila terjadi kebocoran pada bagian selangnya. Padahal jumlah freon akan senantiasa stabil jika semua komponen AC berfungsi dengan baik.

Jangan Merokok di Dalam Kabin Mobil

Merokok di dalam kabin mobil bukan hanya membuat aroma kabin jadi tak sedap. Karena asap rokok juga akan membuat filter AC lekas kotor. Akibatnya, komponen-komponen AC mobil harus bekerja ekstra keras untuk menurunkan temperatur pada kabin mobil. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, tentu saja performa AC akan lebih cepat menurun. Hingga akhirnya kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki AC mobil.

Membersihkan Kondensor AC Secara Teratur

Kondensor AC mobil adalah bagian yang wajib dibersihkan secara teratur. Ketika kita mencuci mobil, kondensor AC dapat dilepas dan dicuci hingga bersih. Jika kondensor AC mobil selalu bersih, maka komponen yang satu ini tak akan mudah mengalami karat (korosi) atau kebocoran. Usia AC mobil pun akan bertahan lebih lama.

Menutup Kaca Mobil Saat AC Menyala

Ketika kita mengendarai mobil dengan AC menyala, usahakan agar semua kaca jendela tertutup. Hampir sama seperti asap rokok, debu dan partikel kotoran lainnya dari udara luar akan membebani kinerja filter AC. Jika kabin mobil berada dalam keadaan tertutup, jumlah debu dan kotoran yang masuk ke mobil pun dapat diminimalkan.

Selain urusan AC, kita juga tentu ingin memproteksi seluruh bagian mobil secara maksimal. Kepemilikan asuransi mobil adalah salah satu cara paling tepat untuk melindungi mobil dari risiko tak terduga. Nanti kita tak perlu khawatir dengan risiko kerusakan mobil, kecelakaan, atau pencurian sesuai yang tertera pada polis asuransi. Kendala tersebut tak akan mengganggu kondisi finansial kita. Mulai sekarang, kita wajib memilih asuransi mobil berkualitas demi perlindungan mobil kesayangan secara menyeluruh. Sudahkah kita menyiapkan asuransi terbaik bagi kendaraan andalan kita?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *