IBX582121403067A

Cara Menghitung Usia Kandungan dengan Kalender Kehamilan

Bagi Anda yang ingin memiliki bayi akan melewati masa-masa kehamilan dengan usia kehamilan untuk persalinan normal adalah 9 bulan. Penting bagi Anda untuk mengetahui usia kehamilan agar dapat mempersiapkan segala kebutuhan dengan sebaik-baiknya. Salah satu langkah dalam menghitung usia kehamilan dengan menggunakan kalender kehamilan.

Metode Perhitungan Kalender Kehamilan

Perhitungan usia kehamilan dengan menggunakan kalender kehamilan akan mendapatkan informasi dua hal penting. Pertama, HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) yang merupakan perhitungan hari pertama kehamilan Anda. Perkiraannya pembuahan akan terjadi pada hari ke 14 dari siklus haid Anda.

Kedua, HPL (Hari Perkiraan Lahir) yang akan diketahui setelah mengetahui HPHT. Misalnya, Anda memiliki siklus haid yang teratur yaitu setiap 28 hari sekali maka Anda dapat menggunakan rumus Neagele. (Tanggal HPHT + 7), (Bulan haid terakhir – 3), (Tahun haid terakhir +1) = akan menghasilkan (HPL) dengan urutan hari, bulan, tahun.

Contoh kasus, Anda terakhir kali haid pada tanggal 17 mei 2018 maka hari perkiraan lahir (HPL) (17 + 7), (5 – 3), (2018 + 1) = 24, 2, 2019. Berarti hari perkiraan lahir yang didapatkan adalah 24 Februari 2019. Anda dapat menghitungnya dengan mudah jika sudah memahami cara penggunaan rumus.

Kalender Kehamilan Putar

Kalender untuk kehamilan putar merupakan perhitungan usia kehamilan dengan menggunakan alat berbentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat kalender. Alat ini akan membuat perhitungan usia kehamilan didapatkan dengan lebih efektif yang biasanya digunakan pada dokter kandungan.

Kalender Kehamilan Jenis Kelamin

Tidak hanya dapat menghitung usia kehamilan dan perkiraan lahir ternyata juga Anda kalender untuk kehamilan yang dapat mengetahui jenis kelamin. Kalender jenis kelamin merupakan kalender untuk kehamilan cina. Cara menggunakannya dengan terlebih dahulu mengetahui bulan terakhir kali Anda haid dan usia Anda saat pembuahan.

Kalender Cina untuk menentukan jenis kelamin ini dengan formula usia ibu hamil di tabel atas secara mendatar. Usia dimulai dari 18 tahun sampai dengan 45 tahun. Kemudian tabel bulan di bagian kiri secara menurun atau vertikal mulai dari Januari hingga Februari.

Kemudian diisi secara berurutan mulai dari usia 18 tahun di bulan Januari dengan huruf dengan kode G adalah perempuan dan B adalah laki-laki. Keakuratan menentukan jenis kelamin ini diakui sangat akurat. Anda bisa melihat tabel kalender cina ini dengan melakukan searching untuk memahami lebih dalam cara menggunakannya.

Menggunakan kalender kehamilan sangat membantu Anda sehingga dapat mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan. Anda juga dapat mengetahui jadwal untuk melakukan skrining atau pun pemeriksaan USG.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *