IBX582121403067A

Cara Ampuh Mensterilkan Botol Susu Bayi

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara terbaik untuk membuat botol susu bayi menjadi steril? Pengetahuan ini sangat penting khususnya bagi ibu yang baru melahirkan.

Secara umum, ada tiga cara untuk melakukan sterilisasi botol susu bayi. Yuk kita bahas satu persatu.

Pertama, dengan menggunakan rebusan air panas. Ini metode yang paling banyak dilakukan untuk melakukan sterilisasi botol susu. Sebab termasuk praktis dan mudah.

Tapi sebelum kamu melakukan hal ini, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama perhatikan material botol susu. Pastikan botol susu itu terbuat dari bahan yang aman. Sebab untuk botol susu yang terbuat dari bahan tertentu seperti misalnya polikarbonat, hal itu dapat mengeluarkan residu tertentu saat dicemplungkan ke dalam air panas. Nah, botol susu jenis ini tidak disarankan untuk direbus karena dapat berbahaya bagi kesehatan bayi.

Kemudian hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah sebelum direbus, botol susu ini dibersihkan terlebih dulu dengan menggunakan sabun cuci pembersih botol. Pilih cairan khusus yang terbukti aman bagi bayi. Salah satu cirinya adalah cairan ini merupakan pencuci foodgrade sehingga aman bagi si kecil.

Setelah dicuci bersih, barulah bunda bisa melakukan proses sterilisasi dengan air panas. Pastikan botol itu masuk ke dalam air dan kemudian rendam ke dalam air panas hingga sekitar 8 menit. Setelah itu baru bisa untuk ditiriskan, dibilas, lalu dikeringkan.

Metode kedua untuk membuat steril botol bayi dengan menggunakan microwave. Jika bunda memiliki peralatan ini di rumah bisa menggunakan cara ini.

Namun sebelum dimasukkan ke dalam microwave, terlebih dulu botol tersebut dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci pembersih botol. Barulah setelah itu, botol yang sudah dikeringkan itu dapat dimasukkan ke dalam microwave.

Metode ketiga untuk mensterilkan botol bayi adalah dengan mengunakan air dingin. Jadi selain dengan menggunakan air panas, sterilisasi botol bayi juga dapat dilakukan menggunakn air dingin.

Caranya terlebih dulu botol minum susu bayi itu dicuci dengan cairan pencuci foodgrade. Lalu setelah bersih, barulah proses sterilisasi dengan air dingin ini bisa dilakukan.

Bunda bisa memasukkannya pada ember yang berisi air dingin. Pastikan botol ini masuk ke dalam air dan tidak terdapat gelembung udara yang tertinggal di dalam botol. Lalu tunggulah sekitar 20 menit. Selanjutanya terakhir, kembali bersihkan botol tersebut dengan menggunakan sabun cuci pembersih botol. Lalu bilas hingga bersih.

Metode ketiga ini memang menggunakan tahapan yang lebih panjang. Namun juga berguna unuk memastikan botol bayi menjadi steril.

Yang tak kalah pentingnya, pastikan tangan bunda selalu dalam keadaan bersih saat melakukan proses sterilisasi botol bayi ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *