IBX582121403067A

Apa Itu Marking pada Besi Beton?

Apa Itu Marking pada Besi Beton

Apa Itu Marking pada Besi Beton

Besi beton merupakan salah satu jenis material bahan bangunan yang bermanfaat untuk memperkuat struktur bangunan. Ada berbagai jenis besi beton, seperti besi beton polos atau besi beton ulir. Anda dapat mendapatkan besi-besi beton ini di tempat jual besi beton yang terdekat.

Besi beton yang telah memiliki standar sesuai dengan SNI tersebut telah diuji kekuatan tariknya. Jadi diameter, penampang, dan berat nominal yang sesuai standar dapat dihitung. Bahkan SNI juga sudah memberikan toleransi penyimpangan, baik sesuai diameter, berat per batang, maupun berat per lot, seperti ditunjukkan pada tabel berikut:

a. Toleransi diameter

apa-itu-marking-pada-besi-beton-2b. Toleransi berat per batang

apa-itu-marking-pada-besi-beton-3Toleransi berat per lot

Toleransi-toleransi tersebut diambil dari SNI 07-2052-2002 mengenai baja tulang beton. Tingkat toleransi yang sudah dipersyaratkan tersebut dianggap tidak mempengaruhi kekuatan tarik dari baja yang akan digunakan baik baja beton polos maupun baja beton ulir. Sayangnya, banyak produsen atau distributor yang menjual besi beton non SNI, atau yang biasa disebut dengan besi banci. Ukuran real dari besi itu dibawah standar SNI, sehingga kekuatan dari baja masih perlu dipertanyakan kembali.

Besi beton banci tersebut ditakutkan memiliki kadar logam yang berbeda dengan standar. Kadar besi yang mengandung banyak karbon berpengaruh pada sifat getas besi, dan meningkatkan kekerasan dan kekakuan besi tetapi sifat keuletannya menurun. Kadar mangan, jika terlalu besar dapat meningkatkan keuletan dan menurunkan kekerasan sedangkan kadar silikon yang rendah dapat mengakibatkan besi mudah keropos.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah perbedaan ukuran tersebut, besi SNI harus diberi marking huruf timbul, agar masyarakat juga mengerti bahwa besi yang dibeli bukan besi banci, sekalipun peminat besi banci cukup banyak. Standar kelas yang beredar dipasaran adalah kelas seperti pada tabel berikut :

apa-itu-marking-pada-besi-beton-4

Marking diatas adalah standar kekuatan yang diperbolehkan menurut SNI. Apabila masyarakat ingin membeli besi beton ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu  terhadap marking yang tertera, harus sesuai kelas dan warnanya. Masyarakat tidak perlu khawatir, banyak produsen yang jual besi beton dengan marking yang jelas, semisal KS (yang artinya Krakatau Steel) dan masih banyak lagi marking yang lain. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *