IBX582121403067A

5 Jenis Olahraga Penunjang Perkembangan Anak

Apa kabarnya anak Anda hari ini? Pasti sehat selalu, bukan? Mungkin sekarang, ia sudah bisa mempelajari banyak hal dengan pesat atau ia tumbuh dengan emosional yang mengagumkan. Hal ini didukung oleh stimulasi yang tepat serta pemberian makan yang bernutrisi. Namun bukan hanya itu, perkembangan anak juga dipengaruhi oleh asupan kegiatan untuk jasmaninya. Bagaimana tidak, bukankah Mens Sana In Corpore Sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat? Di bawah ini adalah beberapa olahraga yang bisa Anda terapkan pada sang buah hati.

  • Berjalan dan Berlari

Barangkali ini adalah jenis olahraga paling murah sekaligus paling praktis. Ajak anak Anda berjalan-jalan di pagi hari atau mengagendakan lari pagi setiap liburan. Tak harus jauh, bahkan berlari mengelilingi rumah pun bisa, kan? Selain melatih otot-otot, berjalan dan lari bersama keluarga akan membuatnya dekat dengan Anda.

  • Bermain-main dengan Bola

Bermain-main dengan bola seperti menendang, menangkap dan melemparnya akan melatih ketangkasan dan keakuratan anak dalam bergerak. Lebih dari itu olahraga yang menyenangkan ini membuatnya belajar untuk berpikir cepat dan tanggap. Ototnya juga akan terlatih. Ajaklah ia lempar tangkap bola, atau mengiringnya kesana-kemari sambil berbicara tentang permainan dari pemain bola profesional yang ia sukai.

  • Berenang

Berrenang bermanfaat untuk melatih pernafasan dan stamina anak. Bahkan olahraga ini bisa membantu penyembuhan asma yang diderita anak Anda. Bagaimana bisa? Ya, dengan berenang, gerakan-gerakannya otomatis akan membuka ruang pernapasan lebih besar. Selain itu, banyak yang mempercayai bahwa berenang akan membantu proses penambahan tinggi badan si kecil.

  • Bersepeda

Bersepeda pagi hari membantu menyehatkan anak Anda dengan asupan oksigen yang masih murni dan sejuk. Berikan padanya sepeda dengan ukuran yang tentu saja aharus sesuai dengan postur tubuhnya. Kekuatan kakinya akan terlatih dan semakin kuat. Begitu juga dengan konsentrasi yang ia butuhkan selama mengayuh sepeda di jalanan. Pada saat yang sama, ia juga menempa keseimbangan tubuhnya.

  • Senam

Sekarang banyak sekali jenis senam yang bisa Anda lakukan bersama si kecil. Senam bisa melatih kelenturan tubuhnya, melatih kekuatan fisik, dan terjaganya stamina dengan baik. Gerakan senamnya yang beragam juga membuatnya melatih keseimbangan, loh. Selain itu musiknya yang riang bisa membantu meningkatkan perasaan senang di hatinya.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara rutin setiap minggunya. Oleh karena itu, Anda lebih baik membuat kesepakatan dengan si kecil dalam menentukan waktu olahraga yang tepat demi menunjang perkembangan anak. Selain itu biarkan anak memilih jenis olahraga sesuai dengan kecenderungannya. Selain berfungsi untuk olahraga, beberapa dari hal itu bisa berguna sebagai sarana hiburan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *